Motor
diesel penggerak generator yang banyak dipakai di lapangan, umumnya motor
diesel selinder tunggal-horisontal berpendingin air. Sirkulasi air pendingin
menggunakan sistem sirkulasi alam atau dengan sirkulasi air pendingin tidak
menggunakan pompa sirkulator (water pump).
Sirkulasi
jenis ini berlangsung karena adanya perbedaan berat jenis air pendingin akibat
rambatan panas yang diterima dari blok selinder. Air yang suhunya tinggi (panas)
memiliki berat jenis yang lebih rendah dan cenderung bergerak ke atas
(permukaan). Sebaliknya air yang suhunya lebih rendah (lebih dingin) berat
jenisnya akan lebih tinggi dan cenderung bergerak ke bawah (di sekitar blok
selinder). Keuntungan dari sirkulasi jenis ini tidak memerlukan pompa
sirkulator sehingga konstruksinya lebih sederhana.
(sumber
: teknik dasar motor diesel pdf)
0 Response to "Prinsip Kerja Sistem Pendinginan Diesel Penggerak Generator"
Post a Comment