Mekanisme
katup pada motor diesel generator 4 tak berfungsi untuk mengatur pemasukan
udara murni dan pengeluaran gas sisa pembakaran dengan cara membuka dan menutup
kedua katup. Mekanisme katup pada motor diesel 4 tak terdiri dari : poros
bubungan (camshaft), pengungkit (tappet), batang pendorong (pushrod), tuas
penekan katup (rocker arm) dan katup beserta pegas pengembalinya.
Cara
kerja mekanisme katup yaitu : saat motor bekerja roda gigi poros engkol berputar
menggerakkan roda gigi bubungan sehingga poros bubungan juga ikut berputar.
Karena permukaan poros bubungan berbentuk eksentris (lonjong) maka pengungkit
(tappet) yang berhubungan dengannya cenderung bergerak naik turun sesuai dengan
bentuk permukaan poros bubungan yang menggerakkannya. Gerak naik turun tappet
tersebut diteruskan oleh batang pendorong (push-rod) ke tuas penekan katup
(rocker-arm) sehingga menekan (katup terbuka) dan membebaskan katup (katup
tertutup) secara bergantian mengikuti putaran poros bubungan yang lonjong
(eksentrik).
Urutan
kerja mekanisme katup di atas bila dibuat ke dalam diagram alir (flow chart)
adalah sebagai berikut :
Poros
Bubungan (Cam Shaft) => Pengungkit (Tappet) => Batang Pendorong (Push Rod)
=> Tuas Penekan Katup (Rocker Arm) => Katup & Pegasnya (Valve &
Spring).
(sumber : teknik dasar motor diesel pdf)
0 Response to "Mekanisme Katup Pada Motor Diesel Generator 4 Tak"
Post a Comment