-->

Mesin Padi Combine

mesin combine [Picture : mesinpertanianmodern.blogspot.com],
Pada prinsipnya mesin combine ini sama dengan mesin Mini Combine, hanya yang berbeda adalah ukuranya yang besar dan beberapa konstruksi. Pada mesin combine gabah yang sudah bersih ditampung pada tempat penampung yang disebut tangki gabah yang isinya dapat menampung 3-5 ton gabah bersih. Jadi proses yang dikerjakan pada mesin combine adalah pemotongan, perontokan, pembersihan dan penampungan dalam tangki gabah. Lebar pemotongannya dapat berkisar antara 4-5 meter dengan kapasitas kerja sekitar 2 sampai 4 jam per hektar.

Karena ukurannya yang besar maka mesin jenis ini hanya banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan besar atau benih yang besar atau yang merupakan suatu pusat perusahaan padi yang luas (rice estate). Dalam pemakaian mesin ini, untuk memperoleh efisiensi kerja yang optimum, maka luas petakan antara 5-12 hektar.

Bagian-bagian utama dari mesin combine adalah :
  1. Reel
  2. Pisau pemotong
  3. Auger
  4. Konveyor kanvas
  5. Silinder perontok
  6. Unit pembersih/pemisah
  7. Konveyor mangkuk
  8. Kipas penghembus kotoran
  9. Tangki gabah
  10. Konveyor scerew
  11. Roda
Fungsi dari masing-masing bagian adalah sebagai berikut :
  1. Reel : fungsinya menarik/mengait batang tanaman padi dari posisi tegak kearah pisau pemotong.
  2. Auger dan konveyor kanvas : fungsinya mengumpulkan batang padi yang sudah terpotong kearah tengah dimana terdapat konveyor kanvas. Konveyor kanvas ini selanjutnya membawa padi ini ke bagian Perontokan
  3. Silinder perontok :bagian ini fungsinya merontokkan (melepaskan) butiran gabah dari malainya gabah dari batang yang baru masuk. Gabah yang masih belum terpisah dari malainya yang masih terkumpul dari hasil penyaringan dibawa kembali oleh konveyor mangkok kebagian perontok untuk dirontokkan kembali.
  4. Unit pembersih/pemisah : bagian ini berfungsi untuk membersihkan padi yang telah rontok dari potongan batang, daun, malai dan benda asing lainnya. Proses pemisahan dan pembersihan ini berlangsung beberapa tahap penayaringan dan penampian.
  5. Konveyor mangkok dan konveyor screw : konveyor mangkuk berfungsi membawa bahan (butiran gabah) ke bagian atas, sedangkan Konveyor screw membawa bahan (butiran gabah) dalam arah horizontal.

1 Response to "Mesin Padi Combine"