-->

Evaporator Mesin Pendingin

Mesin Pendingin (Picture by indonetwork.co.id],
Evaporator adalah jaringan atau bentuk pipa yang dikonstruksi sedemikian rupa. Fungsinya sebagai alat pendingin. Pipa evaporator ada yang terbuat dari bahan tembaga, besi, alumanium atau dari kuningan. Namun kebanyakan terbuat dari alumanium dan besi. Kerusakan yang sering dijumpai pada evaporator adalah kebocoran pipa. Hampir semua kerusakan terjadi karena kebocoran sehingga mesin pendingin tidak mampu mendinginkan ruangan (pada kulkas adalah ruang pendingin).

Adapun cara kerja evaporator adalah menguapkan gas yang masuk dari pipa condenser. Gas refrigerant dari kompresor masih dalam temperatur yang sangat tinggi. Artinya kalorinya (panasnya) dinaikkan. Setelah itu karena dorongan dari kompresor, ia mengalir masuk ke pipapipa kondensor. Di dalam pipa condenser ini, gas mengalami perubahan menjadi dingin. Selanjutnya mengalir terus menuju pipa kapiler. Dari pipa kapiler merambat menuju pipa evaporator.

6 Responses to "Evaporator Mesin Pendingin"

  1. Memang sudah seharusnya kita berhati - hati gan dalam menggunakan mesin pendingin apa saja, apalagi kalau masalah evaporator memang rawan bocor kalau kita kurang hati hati. Sekitar 5 bulan yang lalu mesin pendingin saya pun mengalami kebocoran pada pipa pendingin chiller saya. Dan belum lama lagi kompresor ac saya rusak sehingga saya harus mengganti kompresor ac danfoss yang baru.

    ReplyDelete
  2. cara kerjanya hampir sama dengan AC Split yah.. tapi evaporaptor pada ac lebih kecil bentuknya dan sedikit berbeda..

    ReplyDelete
  3. Biasanya yang sering mengalami kerusakan pada evaporator ialah mesin pendingin cold storage dengan ruangan yang lumayan luas, sehingga evaporator harus bekerja dengan semaksimal mungkin, apabila terjadi kerusakan sebaiknya kita harus menghubungi jasa service cold storage agar tidak terjadi yang lebih fatal.

    ReplyDelete
  4. Dalam dunia kami,evaporator sebagai media pencetakan es batu kristal kami..seperti yang tercantum dalam web kami di www.mesin-es-kristal.com

    ReplyDelete
  5. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler,cooling tower ,chiller, evapko, dan waste water treatment,STP,oli industri dll,harga nego, untuk info lebih lanjut tentang produk ini, bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:081310849918

    ReplyDelete
  6. Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada layanan pendanaan lemeridian dan membuat orang tahu betapa bersyukurnya saya atas semua bantuan yang telah Anda dan staf tim Anda berikan dan saya berharap dapat merekomendasikan teman dan keluarga jika mereka membutuhkan saran atau bantuan keuangan @ 1,9% Tarif untuk Pinjaman Bisnis. Hubungi Via:. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. Terus bekerja dengan baik.
    Terima kasih, Busarakham.

    ReplyDelete