-->

Sistem Pelumasan Pada Motor Diesel Generator

Sistem pelumasan pada motor diesel generator berfungsi untuk mengurangi keausan komponen-komponen mesin yang bergerak (bergesekan) dengan membentuk lapisan lipis yang disebut oil film pada permukaan komponen mesin tersebut. Secara umum system pelumasan diesel generator termasuk kategori sistem pelumasan tekan atau sirkulasinya dilakukan dengan bantuan pompa sirkulator.

Komponen-komponen utama sistem pelumasan motor diesel generator antara lain : panci minyak pelumas atau karter (oil pan), saringan kasar (oil screen), pompa oli (oil pump), saringan oli (oil filter), indikator oli pelumas (oil signal) dan saluran-saluran penyalur minyak pelumas ke komponen pemakai.

Cara kerja sistem pelumasan pada motor diesel generator adalah sebagai berikut : ketika motor diesel generator bekerja pompa oli turut berputar bersama poros bubungan yang dihubungkan dengan ujung poros pompa. Bekerjanya pompa oli menyebabkan oli pelumas yang berada di panci oli atau karter tersedot ke atas dengan melalui saringan kasar terlebih dahulu. Setelah melewati pompa, minyak pelumas (oli) mengalami penyaringan kedua pada saringan oli (oil filter) yang lebih halus. Setelah disaring oli dialirkan ke indicator minyak pelumas, kemudian mengalir ke komponen-komponen yang membutuhkan pelumasan seperti ke kepala selinder (mekanisme katup), ke bantalan-bantalan (poros engkol, pena torak, poros bubungan dan sebagainya). Setelah melumasi komponen-komponen tersebut oli pelumas kembali lagi turun ke panci oli atau karter membawa kotoran-kotaran atau partikel logam hasil gesekan juga panas komponen yang dilaluinya. Begitu seterusnya.

Aliran minyak pelumas pada setiap komponen sistem pelumasan tersebut di atas bila dibuat ke dalam diagram alir (flow chart) adalah sebagai berikut :
Panci Oli (Carter) => Saringan Kasar (Oil Screen) => Pompa Oli (Oil Pump) => Saringan Halus (Oil Filter) => Lampu Indikator Oli (Oil Signal) => Komponen Pemakai Pelumas
(sumber : teknik dasar motor diesel pdf)

0 Response to "Sistem Pelumasan Pada Motor Diesel Generator"

Post a Comment