-->

Komponen-Komponen Dasar Penyususn Vacuum Frying

Vacuum Frying (Penggoreng Hampa Udara)
[Picture : grahamesin.com],
Komponen – komponen dasar yang menyusun mesi vacuum fryer. Dapat kita simpulkan bahwa mesin yang bisa digunakan untuk produksi keripik buah ini terdiri dari 3 bagian dasar, yaitu: tabung penggorengan, pemanas dan kontrol suhu, serta perangkat pemvakuman yang bisa berupa pompa vakum atau berupa water jet system.

Tabung Penggorengan
Tempat atau tabung penggorengan, harus dirancang untuk memenuhi 3 kondisi, yaitu bisa digunakan untuk menaruh minyak goreng dan bahan yanag akan digoreng, tahan terhadap panas dan bisa menyalurkan panas dengan baik, dan yang ketiga tersusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan untuk divakumkan. Tempat penggorengan itu dibuat dari bahan logam, karena tahan panas dan kedap zat cair (minyak goreng), dan buat konstruksinya tertutup rapat sehingga bisa divakumkan.

Pemanas dan Kontrol Suhu
Pemanas tidak boleh hanya bisa menghasilkan panas, tapi harus bisa menghasilkan panas yang stabil. Di sisi lain, karena suhu yang dibutuhkan untuk memasak berbeda – beda antara satu bahan dengan bahan lain, tergantung teknik dari sang juru masak, maka selain stabil, suhu dari pemanas ini juga harus bisa diatur sesuai keinginan.

Perangkat Pemvakuman (water jet system)
Water jet system menggunakan pompa air biasa yang dihubungkan sedemikian rupa dengan perangkat lain sehingga bisa menyedot habis udara dalam ruang tertutup sebagaimana pompa vakum. Kelebihan dari sistem water jet ini adalah biaya produksi yang lebih rendah, sedang kekurangannya adalah konstruksi akhir mesin vacuum fryer yang lebih besar karena sistem water jet membutuhkan bak air sebagai bagian dari sistem pemvakumannya.

0 Response to "Komponen-Komponen Dasar Penyususn Vacuum Frying"

Post a Comment